Review Film: Drag Me To Hell

 "Misfortune can happen to anyone"
Genre: Horror
Durasi: 1 Jam 39 Menit
Tahun Rilis: 2009

Christine Brown (Alison Lohman) mungkin tak pernah menyangka keputusan berat yang ia ambil  akan berbuah malapetaka. Sebelum Sylvia Ganush (Lorna Laver), seorang Gypsy tua datang dan mengusik hidupnya, Christine punya kehidupan yang sempurna. Pacar yang baik, pekerjaan yang layak hingga kondisi keuangan yang memadai. Namun kutukan dari Ganush merubah semuanya. Akankah Christine lolos dari kutukan tersebut?

Sinopsis

Christine bekerja sebagai seorang analis kredit bank di kotanya. Saat itu di bank tempatnya bekerja sedang dibuka promosi jabatan. Ia harus mengalahkan pesaingnya Stu (Reggie Lee) yang baru bekerja beberapa bulan untuk mendapatkan promosi tersebut. Posisi Stu lebih unggul karena menurut atasannya Pak Jim Jacks (David Paymer), Stu mampu mengambil keputusan yang berat sedangkan Christine tidak demikian. Hingga akhirnya Nyonya Ganush datang dan memohon kepada Christine untuk diberikan perpanjangan kredit yang ketiga kalinya. Melihat kesempatan ini, Christine mengambil keputusan berat dengan tidak memberikan wanita tua itu perpanjangan waktu. 

Ganush yang terancam karena akan kehilangan rumahnya kemudian memohon hingga berlutut kepada Christine agar ia mempertimbangkan untuk kedua kalinya. Situasi menjadi menegangkan saat Christine menolak permohonan wanita gypsy itu. Ganush merasa di permalukan dan puncaknya adalah kutukan Lamia yang dilontarkan kepada Christine. Dalam upaya melepaskan kutukan ini, Christine dibantu oleh kekasihnya yaitu Clayton (Justin Long) dan seorang cenayang bernama Rham Jas (Dileep Rao)

                                           

Film Drag Me To Hell disutradarai oleh Sam Raimi. Film-film yang pernah ia sutradai diantaranya adalah The Evil Dead (1981), Evil Dead II (1987), Spider-Man (2002), Spider-Man 2 (2004) dan Spider-Man 3 (2007). Drag Me To Hell adalah filmnya yang dirilis pada tahun 2009. 

Ulasan

Kesan pertama yang saya dapat ketika pertama kali menonton film ini adalah rasa iba terhadap tokoh utama. Kemalangan demi kemalangan terus datang menimpa si tokoh. Teror yang diterima Christine semuanya ditayangkan nyaris tanpa henti dari awal sampai film selesai. Akan tetapi, teror-teror beruntun ini justru membuat bagian pertengahan film terasa agak membosankan. Di awal penonton sudah dibuat tegang dengan adegan perkelahian Christine dan Ganush di dalam mobil. Namun teror setelahnya terasa membosankan karena sudah sering terjadi di film-film horror (halusinasi, jump scare, penampakan, dll). 

Pada bagian pertengahan hingga akhir mulai terlihat arah ending-nya. Mungkin sebagian penonton juga sudah bisa menebak akhir dari film ini akan seperti apa. Meskipun begitu, untuk ukuran film yang punya cerita sederhana, film ini dieksekusi dengan baik. Jump scare yang digunakan dalam film tidak berlebihan dan efek CGI-nya pun terbilang cukup. 

Dari segi penokohannya, saya takjub dengan karakter Christine yang kuat. Dia seperti tidak mengenal kata menyerah ketika berhadapan dengan kutukan Lamia. Karakternya mungkin mirip dengan tokoh Scarlett (Perdita Weeks) dalam film As Above So Below yang sangat tangguh dan berani. Ganush menjadi tokoh yang paling saya benci di sepanjang film.
| Baca Juga: Rekomendasi 20 Film Hantu Seram Asia (Tahun 1977-2014)

Memorable Scene (Spoiler)

  • Di awal film ketika seorang anak ditarik ke neraka
  • Perkelahian Ganush dengan Christine di mobil
  • Darah Christine yang mengucur melalui hidung
  • Hantu Ganush yang tertimpa beban
  • Christine yang menggali kembali makam Ganush
  • Endingnya.

Trivia

Meskipun film Drag Me To Hell berkutat pada tema kutukan Lamia, sosok Lamia sendiri tidak digambarkan secara jelas di dalam film. Dilansir dari laman wikipedia, Lamia adalah makhluk mitologi Yunani yang gemar memangsa anak-anak setelah anaknya sendiri dimusnahkan oleh Hera yang tau bahwa suaminya Zeus selingkuh dengannya. Hera juga mengutuk Lamia agar tidak bisa tidur. Tujuannya untuk membuat Lamia menderita, namun Zeus memberinya kekuatan pada Lamia untuk melepas matanya sendiri. 

Rating

Film Drag Me To Hell bisa ditonton oleh semua kalangan. Tetapi untuk anak-anak perlu dibimbing oleh orang dewasa karena terdapat adegan-adegan yang sebaiknya tidak ditonton oleh mereka.

IMDB : 6,6/10
Rottentomatoes : 7,6/10
My Rating : 7,2/10 

Comments